7 Kiat Sukses Cepat dan Tepat “menjinakkan” Calon Mertua



Ntar… Gue nyeruput kopi dulu…

Kopi sore ini terasa manis sekali… seperti gebetan terindah yang pernah dekat, pernah gue boncengin, pernah gue kerjain tugas kuliahnya tapi kemudian dinikahin orang lain… Asem!!

Tadi pagi saat berangkat naik motor ke kantor, entah kenapa tiba-tiba gue keinget ama beberapa calon mertua yang gagal jadi mertua. Gue keinget banget suka dukanya mendekati mereka. Mulai dari yang gue diawasi selama ngapel, di pinjemin kolor karena celana basah abis mbenerin kran air, ampe di suruh nyervis tivi nya dulu sebelum pergi kencan.

Gue yakin lu semua punya cerita dramatis, mistis ampe kritis tentang lu dan calon mertua lu dulu. Bisa di katakan calon mertua adalah pahlawan tanda jasa juga, why? Dia udah bikin, ngerawat, nggedein, nyekolahin anak perawan nya yang kemudian lu pacarin, lu nikahin, ampe lu buntingin.

“Calon mertua mistis??emang ada”

Ada lah… elu belum pernah ngerasain bagaimana rasanya punya calon mertua indigo apa??… gue pernah ngapel ketemu ama bapaknya, trus dia bilang

“tuh temennya nggak diajak masuk sekalian mas Micky??”

Gue Cuma diem… Kampret…. Gue kan datang sendirian… teman yang mana??

Mungkin itu calon mertua paling absurd yang pernah gue kenal. Hobinya bakar dupa dan tiap ngajak anaknya kencan, motor gue selalu di siram air kembang…

Dari segala keunikan calon mertua , Jasanya luar biasa gede… untuk itu terkadang mereka menentukan standarisasi calon menantu yang ketat. Membuat  karakter mereka menjadi tegas, keras dan cenderung galak… ya wajar lah… Ngejagain bidadari mah harus gitu. Apalagi calon menantunya model lu gitu, yang kalau pacaran tangan bisa nyampe kemana-mana.

Dari segala pengalaman yang gue punya, gue udah rumusin 7 kiat sukses teratas yang manjur ‘mengatasi’ calon mertua yang galak… pasti ampuh nih…

“mengatasi?? Calon mertua kok kayak panu… Harusnya kan saling tepo seliro toh??”
“udah deh…. Baca aja napa…”


1. Berpakaianlah rapi saat ngapel




Seperti mainstreamnya calon mertua pada umumnya. Mereka selalu mendambakan calon menantu yang rapi secara penampilan, enak di pandang mata, dan menyejukkan hati. Mereka ingin pacar anaknya itu wangi, bersih, dan gak ada kulit cabe nyelip di sela-sela giginya.

“Ajining Diri Soko Busono”

itu yang selalu gue denger dari mantan calon mertua dulu yang masih keturunan ningrat. Katanya unggah ungguh itu penting termasuk cara berpakaian. Pakailah kemeja yang rapi, dimasukkan, dan pakai ikat pinggang hitam… entah lah setiap ngapel, gue berasa seperti ngelamar kerja waktu itu…

Wajar sih… yah kita balikkan aja logika nya, gimana ntar anak perawan kita di apelin ama cowok yang Cuma pake celakan jeans robek, sandal jepitan, ama kaos kutungan yang bulu keteknya kemana-mana. Bukan mementingkan penampilan, tapi penampilanlah yang menentukan nilai jual kita…

Jadi pertama berpenampilanlah yang rapi…
Kl bisa wangi sih…

Pomade jangan lupa… Pomade…


Baca Juga :
5 Hal yang perlu kamu lakukan sebelum mendekati cewek


2. Patuhi jam malam



Dimana bumi di pijak, disitulah tukang gorengan kita junjung… Maksudnya setiap rumah pasti ada aturan yang tidak tertulis, dan gue yakin lu udah nemuin itu di setiap rumah mantan-mantan lu dulu. Seperti jam berapa harus bertamu, sofa mana yang boleh di buat mojok, atau di larang Fap di kamar mandi depan…. Macam-macam pokok nya sesuai kebijakan sang tuan rumah…

Termasuk jam Malam… sangat riskan bila lu ngelanggar aturan yang satu ini. Jika umumnya jam malam itu jam 9 , maka jangan pernah mulangin anak orang lebih dari jam itu. atau jangan pernah pulang ngapel diatas jam itu… apalagi sampe nginep… belum muhrim aja udah ngarep jadi menantu… Beneran… hal ini simpel dan cenderung sepele, tapi justru hal-hal kecil seperti ini jangan sampai merusak relationship mu ama calon mertua…

Patuhi jam berapa lu harus pulang ngapel atau mulangi si doi. Atau kalau lu gak tau jam malam yang berlaku, pukul rata aja kayak mainstreamnya jam malam. Biasanya sih jam 9. Atau lagi dalam keadaan parah nih gak ada jam dinding, lu lupa pakai jam tangan atau hp lu mati… Tinggal pahami aja kode-kode dari calon mertua buat ngusir lu… misal dia nutup jendela kenceng-kenceng, atau dikit-dikit berdehem, atau ngasih celetukan-celetukan kecil yang sifatnya mengusir… seperti,

“Ma… minimarket depan masih buka nggak ya jam segini??”

Atau lagi

“Ma….Papa ngantuk… tapi belum boleh tidur nih kayaknya…”

Atau yang lebih extreme

“Owh iya Ma... Kemarin ada yang bertamu ke rumah ini gak pulang-pulang, papa bacok lehernya…”


Nah… kurang serem gimana coba?? Lu mau pulang ngapel ada 12 jahitan di leher lu?? Makanya patuhin….


3. Bawa “sesajen




Jika ngapel malam Minggu adalah sebuah ritual, berarti lu perlu sesajen untuk bisa melancarkan upacara pemanggilan cinta tersebut. Untuk itulah tukang martabak di butuhkan. Semacam upeti untuk calon mertua, Grativikasi agar proses ngapel lu mulus tanpa hambatan. Agar calon mertua anteng nyomotin martabak disaat lu sibuk “nyomotin” anaknya huwekekekeke

Sesajen bisa macem – macem sih… lu mau martabak bisa, terang bulan bisa, singkong keju bisa, atau buat lu yang punya modal rada banyakan dikit sekali-kali bawain Pizza kek… biar tambah ayem tuh calon mertua ngerasain sensasi delight…

Sebenernya bukan sebagai sogokan, tapi sebagai tanda bahwa elu selain cinta ama anaknya, lu juga care ama ortunya. Harga martabak yang gak seberapa, akan menjadi sebuah pondasi benteng yang kokoh untuk cinta kalian berdua…  anjrit bahasa gue…

4. Jadilah Pintar, minimal terlihat pintar


Sekarang coba kasih tau gue calon mertua mana yang nggak suka menantu nya pinter?? Menantunya cum laude, IPK 4.01, kuliah di cairo, trus lulus dengan predikat jayyid jiddan… bangga banget pasti… saking bangganya bisa ampe salto tuh calon mertua...

Nah elu… kuliah aja titip absen mulu… IPK kembang kempis… cuman pas buat hidup senin kemis… belum lagi sok-sokan ikut UKM cuman buat numpang molor doang di sekret. Minimal kalau otak lu dah mentok tapi kagak pinter-pinter, cobalah untuk menjadi terlihat pinter…

“terlihat pinter??”

Iya… calon mertua demen banget kalau anaknya di deketin ama lakik yang pinter, minimal kelihatan pinter lah. Jadi lu tinggal pakek aja kacamata, kemeja di kancingin ampe leher. Trus kemana-mana bawa buku… ya buku apaan kek elu bawa… kagak ada buku, majalah di kosan sabet aja… apaan kek Liberty, FHM atau apa lah… yang jelas ciptakan suasana kalau lu bener-bener anak pintar…


Lu harus terlihat pintar… harus!! Meski IPK 1 koma, kuliah jarang masuk, dan setiap ngelihat nilai ujian rasanya pengen cebok…


5. Jadilah teman ngobrol yang asik



Jalinlah sebuah relationship yang erat dengan calon mertua dengan perbincangan kursi beranda di sore hari. Di temani segelas teh hangat dan martabak yang barusan lu bawa tadi. Jadikan waktu ngapel mu juga sebagai proses pengakraban ke calon mertua. Jalin lah sebuah komunikasi yang apik, hangat dan penuh senda gurau..

Calon mertua suka diajak ngobrol tentang bisnis, tentang kesuksesaan…

“hummm gue ajak bicara tentang IPK gue aja kali ya….”

Kesuksesan… bukan kebodohan…

“owh gue tau… gue ajak ngobrol tentang kepribadian gue aja kali yaaa….”

Kesuksesan… bukan keterblangsakan… susah banget sih di ajarin…

Meski usia lu masih muda, hadirkan topik yang on the future. Hadirkan bahasan-bahasan tentang masa depan yang cerah. Calon mertua demen banget dan gue jamin pasti nyambung…

“kesuksesan?? on the future?? Kasih contoh dunk…”

Oke… gue kasih contoh… dulu gue paling jago milih topik buat ngobrol bareng calon mertua…contoh nya… waktu itu gue pernah ajak ngobrol tentang fluktuasi saham, dampak arus urbanisasi terhadap perekonomian perkotaan, atau efek positif olesan Hajar Jahanam menambah ukuran si "david" 2cm lebih panjang…

“heh??? menambah 2 cm lebih panjang??”

Yaa kesuksesan buat tiap orang kan beda-beda…


Baca Juga :
7 jawaban IYA "ter-absurd" cewek saat di tembak cowok


6. Support hobi nya



Nggak ada yang lebih menyenangkan buat calon mertua, saat lu sebagai calon mantu nya bisa ikut terlibat dan mendukung setiap hobi nya. Hobi buat setiap orang itu seperti suntikan semangat. Ikut memberikan dukungan berarti ikut aktif memberikan semangat. Dan ciptakan kesan kalau lu juga menggemari hobi tersebut meski lu sendiri kagak ngarti tentang hobi calon mertua lu.

Ibu mertua lu hobi masak… ya temenin… meski lu kagak bisa bedain mana lengkoas mana kencur…

“Waaahh… tante seneng lho nak micky mau bantuin tante masak…”
“Iya tante… saya biasa bikin nasi goreng dirumah…”
“owh yaa?? Emang bumbunya apa aja kl bikin nasi goreng??”
“owwhh ya jelas bawang merah, bawang putih, garam, kemiri, merica, jahe , lengkoas, kencur, kapulaga, minyak wijen, minyak cengkeh, gondopuro, petis, santan, sama perasan jeruk nipis….”
“?????????”

Yak… kalau masak terlalu sulit buat lu… coba deh nemenin bapak mertua nonton liga inggris… ikutan teriak kalo goal,  meski lu kagak suka bola dan kagak bisa ngebedain mana wasit mana pemain…

“yak… tendang… tendang… Goooooooooooooolllll…!!!!”
“owh goal ya oom… Gooooooaaallll… yeeeaaahhh…. Jadi skornya 3 – 0 ya oom…”
“lho… kok 3 – 0??”
“Iya oom … kan goal nya dari luar kotak penalti… jadi skor nya 3 oom…”
“?????”

Ini Sepakbola, bukan basket … Setaaannn!!!  Ampun dah… pokoknya iya-iyain aja dah… emang selain molor sambil garuk-garuk kantong menyan apa lagi sih hobi lu???


7. Tentu kan tempat yang jelas saat ajak keluar si Doi



Buat gue point 7 ini lah yang terpenting… kunci dari semua point2 diatas. Calon mertua selalu minta kejelasan kemana lu bakalan bawa anak perawan nya jalan-jalan. Setidak nya mereka memastikan lu kagak bawa anaknya ke tempat yang aneh-aneh.

Berpamitan lah sewajarnya dan beri tau kemana kalian pergi… apa adanya… misal lu mau nonton, ya bilang aja lu mau ajak dia ke bioskop. Lu mau makan, bilang aja lu mau ngajak dia ke cafe… atau lu mau main kuda-kudaan, ya bilang aja lu mau ajak dia ke Hotel… eh anu maksud gue ke pasar malem… pokoknya apa adanya…

“owh gitu… berarti boleh donk gue pamitan ‘Oom… saya pergi dulu mau ajak Dini mojok di kosan saya…’ kan apa adanya…”

Eh pinggiran koreng… apa adanya untuk hal yang positif… mojok di kosan jelas bikin mertua lu mikir yang kagak-kagak, bakal mikir lu mau ngelakuin hal-hal yang di harapkan… meski lu kagak ngapa-ngapain, jelas orang lain pada mikirnya beda… Emang lu kira kalau lu pamit mau mojok berdua di kosan calon mertua bakal mikir lu mau apa?? Mau Ngulek sambel ???


Setidaknya kalau lu memberikan tujuan yang benar, calon mertua bakal tenang menyerahkan anaknya di pundak mu…



Inti dari sebuah hubungan adalah menciptakan sebuah relationship ke semua sisi… seperti kata pepatah…
lu pengen dapat hati anaknya, lu menangin dulu hati bapaknya…
lu pengen dapat perhatian anaknya, lu sita dulu perhatian bapaknya…
Lu pengen Cipok-in bibir anaknya, Lu french kiss-in dulu bibir ba.....… hummmmm…

Micky R Saputra

Hanya karena sebuah Yamaha RX-king 1986, ku di panggil Baron... Bang Baron... Tenang, saya bukan perampok kelas kakap ataupun Jambret yang nggak naik kelas. Bukan juga kepala genk Mafia penjual obat-obat penurun panas terlarang. Saya cuma peserta Audisi Indonesia Idol yang nggak pernah lulus yang iseng ngabisin kuota Internet untuk nulis Blog... iya bener blog... bukan bon kreditan panci...

No comments:

Post a Comment